Contact Us

Name

E-mail *

Message *

Selasa, 09 Agustus 2016

RANCANG BANGUN JARINGAN



RANCANG BANGUN JARINGAN


Komunikasi Data merupakan bentuk komunikasi yang secara khusus berkaitan dengan transmisi atau pemindahan data antara komputer-komputer, komputer dengan piranti-piranti yang lain dalam bentuk data digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data. 


Jenis – Jenis Komunikasi Data
Ada beberapa jenis komunikasi data, antara lain :
1. Jenis komunikasi data melalui infrastruktur terestrial Jenis komunikasi data ini dapat dilakukan dengan menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya sehinggaembutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini.
2. Jenis komunikasi data melalui satelit Jenis komunikasi data ini dapat dilakukan dengan menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang dicakup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial, namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi.

Komponen Komunikasi Data
Ada beberapa hal yang termasuk dalam komponen komunikasi data, yaitu:
1. Pengirim adalah piranti yang mengirimkan data.
2. Penerima adalah piranti yang menerima data.
3. Pesan/Data adalah informasi yang akan dipindahkan bisa berupa apa saja, teks, angka, gambar, suara, video, atau kombinasi dari semuanya.
4. Media pengiriman adalah media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data, bisa berupa kabel, cahaya maupun gelombang magnetik.
5. Protokol, adalah aturan-aturan yang harus disepakati oleh dua atau lebih alat untuk dapat saling berkomunikasi.

Sistem Komunikasi Data Komunikasi data dapat dilakukan melalui beberapa sistem, antara lain :
1. Titik ke titik (point to point communications) Yaitu informasi dari sumber hanya ditujukan kepada SATU point penerima saja. Contoh : telepon, fax, telegram.
2. Titik ke beberapa penerima (multipoint communications) yaitu informasi dari sumber ditujukan kepada BEBERAPA point penerima saja. Contoh : jaringan dengan switch
3. Menyebar (broadcasting communications) Yaitu informasi yang diberikan sumber dapat diterima oleh semua point yang terhubung tanpa kecuali. Contoh : televisi broadcast, radio broadcast.

Transmisi Data Mode
Transmisi Ada beberapa mode transmisi data, yaitu :
a. Simplex Mode simplex adalah metode komunikasi antara pengirim dan penerima yang bersifat satu arah, dimana sisi pengirim hanya berfungsi sebagai pengirim informasi sedangkan sisi penerima berfungsi sebagai penerima. Mode ini juga sering disebut dengan saluran one way only. Adapun contoh mode ini dapat dijumpai pada pesawat penerima radio yang menerima siaran radio dari pancaran stasiun radio.
b. Half Duplex (HDX) Mode half duplex adalah suatu metode komunikasi yang dapat dilakukan dengan dua arah secara bergantian (waktu tidak sama). Dimana sisi pengirim dapat mengirimkan informasi dan sisi yang lain dapat berfungsi sebagai penerima sehingga mode ini sering disebut sebagai saluran two way alternate. Adapun contohnya dapat dilihat dari pemakaian radio tranceiver.
c. Full Duplex (FDX) Mode full duplex adalah suatu metode yang digunakan pada komunikasi untuk dua arah secara terus – menerus. Dimana sisi pengirim dan penerima dapat berkomunikasi dua arah dalam waktu yang bersamaan. Adapun contohnya adalah pemakaian pesawat telepon.

Prinsip komunikasi data memerlukan protokol sebagai saluran yang mengatur komunikasi diantara beberapa komputer dalam sebuah jaringan.
Protokol yang terdapat dalam jaringan komputer adalah sebagai berikut:
1. Ethernet Ethernet menggunakan metode akses yang disebut CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection) dalam mengkomunikasikan data. Ethernet bekerja dengan memperhatikan kabel dalam network atau jaringan sebelum dilakukan transformasi atau transmisi data.
2. Localtalk Localtalk merupakan protokol jaringan dengan menggunakan metode akses yang disebut CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance).
3. Token Ring Metode akses protokol toke adalah melalui token dalam sebuah lingkaran seperti cincin.
4. FDDI (Fiber Distributed Data Interface) FDDI merupakan protokol jaringan dengan metode akses model Token. FDDI menghubungkan beberapa komputer sampai jarak yang jauh.
5. ATM (Asynchcronous Transver Mode) Protokol ini merupakan protokol jaringan yang mendukung transmisi data yang berbetuk gambar atau video. ATM umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan Local Area Network (LAN). ATM bekerja dengan mentransmisikan data dengan menggunakan metode akses ke dalam satu paket.

0 komentar:

Posting Komentar