Contact Us

Name

E-mail *

Message *

Sabtu, 24 September 2016

PERBEDAAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN VIRTUAL REALITY

Perbedaan Teknologi Augmented Reality Dengan Virtual Reality

 perbedaan antara teknologi Augmented Reality dengan Virtual Reality.


Virtual Reality lebih fokus ke dunia digital (maya) 


Jika berdasarkan namanya sendiri, Virtual Reality bisa dikatakan sebagai teknologi yang membawa dunia digital atau dunia maya menjadi terasa nyata. Dan, itu artinya dunia maya tersebut sudah menjadi seperti dunia nyata bagi Anda, dan dunia nyata Anda sudah dihapuskan. Jadi, penggunaan teknologi Virtual Reality sama sekali tidak ada hubungannya lagi dengan dunia nyata. Dan, untuk mengguanakan teknologi tersebut Anda harus menggunakan perangkat yang memang akan membuat dunia nyata Anda sudah tidak terasa lagi seperti headset VR berupa Oculus Rift atau pada smartphone bisa berupa Samsung Gear VR.
Dengan headset VR Oculus Rift Anda bisa bermain game PC/laptop yang mana Anda memang seakan-akan berada di dalam game tersebut. Karena Anda bisa melihat secara lebih luas (360 derajat) sesuai dengan pandangan mata Anda di dalam game tersebut.

Augmented Reality menggabungkan dunia nyata dan dunia digital (maya)



Kalau pada Virtual reality Anda hanya berada di dalam dunia digital saja, maka pada augmented reality (AR) ini Anda akan melihat penggabungan dari dua dunia yaitu digital dan dunia nyata. Jadi, gambarannya itu Anda akan melihat sebuah konten digital yang tampak nyata dan berkeliaran di sekitar Anda (dunia nyata). Sebut saja salah satu  contohnya adalah game Pokemon GO. Game Pokemon GO ini menggunakan teknologi AR yang memanfaatkan kamera dari masing-masing smartphone untuk melihat Pokemon yang berkeliaran di Antara manusia (dunia nyata). Anda pun dapat menangkap langsung monster Pokemon yang berkeliaran di antara manusia tersebut melalui perangkat smartphone yang Anda gunakan.
Penggunaan teknologi AR ini cukup dengan perangkat smartphone, yang telah terintegrasi dengan sensor Gyroscope dan Magnetic saja dan pastinya ada kamera.
Bukan hanya game saja yang menggunakan teknologi AR tersebut, produk Google yang bernama Google Translate juga menggunakan teknologi tersebut untuk menterjemahkan gambar yang diambil dari kamera smartphone Anda.

0 komentar:

Posting Komentar