TUTORIAL CARA MEMBUAT APLIKASI AUGMENTED REALITY
1. Buat project baru
2. Konfigurasi proyek
Lihat bagian Inspector >> Lihat bagian Resolution & Presentation >> Rubah default orientation ke 'Landscape Left' >> Lihat bagian Other Setting >> Isikan Bundle Identifier dengan nama package (contoh : com.duniadigit.arexample) >> Rubah minimum API Level Android 2.2 (Froyo)
3. Memasukkan Vuforia SDK ke dalam project
Setelah berhasil di import maka akan muncul isi dari package Vuforia SDK pada window project.
4. Konfigurasi AR dan membuat marker Image Target
Untuk memulai membuat AR drag & drop prefab ARCamera dan ImageTarget dari window project ke window scene
Klik object ImageTarget pada window scene dan pada inspector klik 'press here for target....'
Setelah diklik mka sobat akan diarahkan ke website Vuforia untuk membuat marker sesuai keinginan sobat. Sebelumnya tentukan dulu seperti apa markernya, kalo dalam tutorial ini saya pake marker seperti gambar di bawah
Kembali di websitenya Vuforia, disitu sobat akan ditunjukkan projek apa saja yang pernah sobat buat. Untuk membuat project baru klik 'Create database' dan masukkan nama sesuai selera. Pada tutorial ini nama yang dipilih adalah 'AR_Tutorial'
Selanjutnya klik Add Target. Jadi intinya, satu buah project, satu buah database bisa jadi memiliki lebih dari satu marker, sesuai dengan kebutuhan sobat.
Imagetarget yang dibuat akan ditampilkan kosong. Klik imagetarget kosong
yang baru tersebut untuk mengupload marker sesuai keinginan sobat.
Setelah itu akan ditampilkan form upload marker. Isi sesuai ketentuan dan kebutuhan ya.. Klo selesai klik Add.
Setelah marker berhasil di upload Vuforia akan mengkalkulasi kelayakan marker. Semakin bertexture dan semakin tinggi contrast marker maka semakin banyak bintang yang didapat, itu berarti semakin bagus pula kualitas marker. Marker yang bagus akan meminimalisir tingkat marker lost yangitu keadaan dimana marker tidak dapat di deteksi.
Kemudian pilih marker mana saja yang ingin dimasukkan dalam proyek.
Ingat... Satu project bisa memiliki lebih dari satu marker, sesuai
kebutuhan aja. tinggal centang-centang marker yang diinginkan kemudian
klik download selected target.
Karena kita menggunakan unity maka download marker sebagi unity extension. Pilih Unity Editor >> klik create.
5. Import marker Image Target ke dalam project
Seperti import Vuforia SDK pada langkah 3 lakukan double klik pada marker kita yang berupa extension unity .unitypackage
Selanjutnya lihat kembali Image Target dan lihat pada bagian Inspector. Lakukan konfigurasiseperti pada gambar di bawah
Setelah Image Target me load marker maka otomatis texture Image Target yang sebelumnya hanya putih akan berubah sesuai texture marker
Jangan lupa melakukan konfigurasi pada ARCamera untuk me load target.
6. Uji coba proyek
Langkah berikutnya adalah ujicoba, buat objek cube di atas marker. Klik Game Object >> Create Other >> Cube. Selanjutnya posisikan cube sedemikian rupa di atas marker
Kamudian simpan scene, klik File >> Save Scenes. Pada project ini scene disimpan di direktori _Scenes >> Main Scenes. Untuk mencompile project sebelumnya harus mengincludekan scene di dalam build settings. Klik File >> Build Settings >> Drag & drop scene ke Build Settings
Sebelum proses compile pastikan device Android Sobat sudah dapat dideteksi adb dan siap untuk debugging. Baca kembali Alat dan Bahan poin 1. Kemudian klik Build And Run, tunggu proses selesai, dan lihat Android sobat akan menjalankan aplikasi ini. Arahkan kamera ke marker dan bim salabim... Lihat apa yang terjadi....
Lho kok gelap? Ya memang.. Karena memang belum ada cahaya. Mari kita poles sebentar agar lebih terang dan berwarna. Tambahkan texture dan penerangan directional light
Selanjutnya lakukan compile ulang dan liha apa yang terjadi...
Akhir kata semoga tutorial ini bermanfaat, mohon maaf jika ada kesalahan, kalau ada pertanyaan silahkan di komen aja. Akir kata terima kasih telah membaca dan terus berkarya ^^
0 komentar:
Posting Komentar