Contact Us

Name

E-mail *

Message *

Sabtu, 17 September 2016

Tutorial Cara Membuat Aplikasi Augmented Reality

TUTORIAL CARA MEMBUAT APLIKASI AUGMENTED REALITY




1. Buat project baru

Buka Unity klik File >> New Project >> Tentukan lokasi penyimpanan. Setelah itu pilih File >> Build Settings >> pilih platform Android dan klik Switch Platform.

Switch platform android pada unity
Gambar switch platform Android
2. Konfigurasi proyek
Sebelum menjalankan tahap selanjutnya lakukann konfigurasi proyek. Masi di Build Setting >> klik Player Setting

Konfigurasi proyek pada unity
Gambar Klik player setting untuk masuk ke konfigurasi
Lihat bagian Inspector >> Lihat bagian Resolution & Presentation >> Rubah default orientation ke 'Landscape Left' >> Lihat bagian Other Setting >> Isikan Bundle Identifier dengan nama package (contoh : com.duniadigit.arexample) >> Rubah minimum API Level Android 2.2 (Froyo)

Konfigurasi proyek Android pada unity
Gambar Rubah setting pada Resolution & Other Settings
3. Memasukkan Vuforia SDK ke dalam project
Setelah project baru dibuat langkah selanjutnya adalah memasukkan Vuforia SDK ke dalam project. Caranya cukup mudah, biarkan unity tetap terbuka. Double klik Vuforia SDK yang baru saja Sobat download.

Import Vuforia AR SDK ke Unity

Setelah di double klik maka akan muncul konfirmasi import di Unity. Centang semua elemen dan klik Import.

Import Vuforia Augmented Reality SDK di Unity

Setelah berhasil di import maka akan muncul isi dari package Vuforia SDK pada window project.
Hasil Import Vuforia Augmented Reality SDK

4. Konfigurasi AR dan membuat marker Image Target
Untuk memulai membuat AR drag & drop prefab ARCamera dan ImageTarget dari window project ke window scene
Drag and drop AR camera dan Image Target

Klik object ImageTarget pada window scene dan pada inspector klik 'press here for target....'

Setelah diklik mka sobat akan diarahkan ke website Vuforia untuk membuat marker sesuai keinginan sobat. Sebelumnya tentukan dulu seperti apa markernya, kalo dalam tutorial ini saya pake marker seperti gambar di bawah
Marker rumput

Kembali di websitenya Vuforia, disitu sobat akan ditunjukkan projek apa saja yang pernah sobat buat. Untuk membuat project baru klik 'Create database' dan masukkan nama sesuai selera. Pada tutorial ini nama yang dipilih adalah 'AR_Tutorial'
Buat project AR di situs vuforia

Selanjutnya klik Add Target. Jadi intinya, satu buah project, satu buah database bisa jadi memiliki lebih dari satu marker, sesuai dengan kebutuhan sobat.
Buat marker
Imagetarget yang dibuat akan ditampilkan kosong. Klik imagetarget kosong yang baru tersebut untuk mengupload marker sesuai keinginan sobat.
Setelah itu akan ditampilkan form upload marker. Isi sesuai ketentuan dan kebutuhan ya.. Klo selesai klik Add.
Konfigurasi marker

Setelah marker berhasil di upload Vuforia akan mengkalkulasi kelayakan marker. Semakin bertexture dan semakin tinggi contrast marker maka semakin banyak bintang yang didapat, itu berarti semakin bagus pula kualitas marker. Marker yang bagus akan meminimalisir tingkat marker lost yangitu keadaan dimana marker tidak dapat di deteksi.
rating marker untuk proses tracking
Kemudian pilih marker mana saja yang ingin dimasukkan dalam proyek. Ingat... Satu project bisa memiliki lebih dari satu marker, sesuai kebutuhan aja. tinggal centang-centang marker yang diinginkan kemudian klik download selected target.
Mendownload marker
Karena kita menggunakan unity maka download marker sebagi unity extension. Pilih Unity Editor >> klik create.
Download Marker dalam format unity

5. Import marker Image Target  ke dalam project
Seperti import Vuforia SDK pada langkah 3 lakukan double klik pada marker kita yang berupa extension unity .unitypackage
Import marker ke dalam project augmented reality

Selanjutnya lihat kembali Image Target dan lihat pada bagian Inspector. Lakukan konfigurasiseperti pada gambar di bawah
Konfigurasi marker di unity

Setelah Image Target me load marker maka otomatis texture Image Target yang sebelumnya hanya putih akan berubah sesuai texture marker
hasil marker

Jangan lupa melakukan konfigurasi pada ARCamera untuk me load target.
Konfigurasi AR Camera

6. Uji coba proyek
Langkah berikutnya adalah ujicoba, buat objek cube di atas marker. Klik Game Object >> Create Other >> Cube. Selanjutnya posisikan cube sedemikian rupa di atas marker
Buat balok di atas marker

Kamudian simpan scene, klik File >> Save Scenes. Pada project ini scene disimpan di direktori _Scenes >> Main Scenes. Untuk mencompile project sebelumnya harus mengincludekan scene di dalam build settings. Klik File >> Build Settings >> Drag & drop scene ke Build Settings
Drag and drop scene ke dalam build setting

Sebelum proses compile pastikan device Android Sobat sudah dapat dideteksi adb dan siap untuk debugging. Baca kembali Alat dan Bahan poin 1. Kemudian klik Build And Run, tunggu proses selesai, dan lihat Android sobat akan menjalankan aplikasi ini. Arahkan kamera ke marker dan bim salabim... Lihat apa yang terjadi....
Augmented reality box

Lho kok gelap? Ya memang.. Karena memang belum ada cahaya. Mari kita poles sebentar agar lebih terang dan berwarna. Tambahkan texture dan penerangan directional light
Customisasi dengan texture dan cahaya

Selanjutnya lakukan compile ulang dan liha apa yang terjadi...
Hasil augmented reality lebih terang
Hasil augmented reality lebih terang

Akhir kata semoga tutorial ini bermanfaat, mohon maaf jika ada kesalahan, kalau ada pertanyaan silahkan di komen aja. Akir kata terima kasih telah membaca dan terus berkarya ^^

0 komentar:

Posting Komentar